(0778) 8075096 itcarebtklbatam@gmail.com

BTKLPP Batam melaksanakan pengambilan dan pemeriksaan sampel dugaan KLB keracunan makanan yang terjadi di suatu perusahaan yang terletak di Kawasan Industri Muka Kuning pada hari Senin, 23 Juli 2018. Dugaan keracunan makanan ini bermula dari laporan beberapa karyawan ke klinik perusahaan dengan keluhan mual. pusing, dan jantung berdebar setelah mengkonsumsi suatu jenis makanan. Seorang karyawan yang mengalami pingsan dan beberapa karyawan lainnya kemudian dibawa ke RS untuk perawatan lebih lanjut.

Mendapatkan informasi tersebut, Tim Gerak Cepat BTKLPP Batam dengan segera melakukan pengambilan sampel uji dan melakukan investigasi terhadap korban. Hal tersebut dilakukan BTKLPP Batam dalam menjalankan salah satu fungsinya yaitu pelaksanaan penilaian dan respon cepat, kewaspadaan dini, dan penanggulangan KLB/wabah dan bencana.

Sampel uji yang diambil  untuk diperiksa di laboratorium adalah berupa sampel makanan yang telah dan belum dikonsumsi oleh korban, sampel air minum, usap wadah minum dan usap peralatan makan yang digunakan oleh korban. Selain itu juga dilakukan wawancara terhadap korban oleh Tim Surveilans Epidemiologi BTKLPP Batam untuk mendapatkan informasi kejadian keracunan secara lebih lengkap. Pemeriksaan laboratorium secara mikrobiologi dan kimia telah dilakukan terhadap sampel uji, diantaranya adalah kandungan beberapa logam berat, nitrit, dan kandungan beberapa jenis bakteri. Hasil uji laboratorium untuk parameter kimia dan mikrobiologi terhadap seluruh sampel adalah negatif.