(0778) 8075096 itcarebtklbatam@gmail.com

Kegiatan pemetaan luas wilayah reseptifitas malaria ini dilaksanakan pada tanggal 17 s.d 20 April 2018. Tim BTKLPP Batam dalam kegiatan ini dikomandani oleh Rencana, S.Si., M.Kes (Kepala Seksi SE) bersama Budi Santoso, Teguh AS dan Imam Dz.

Petugas BTKLPP Batam Sedang Melakukan Pengecekan diLapangan

Berdasarkan koordinasi pelaksanaan kegiatan, lokasi yang menjadi kegiatan pemetaan ini adalah wilayah kerja Puskesmas Jujun yakni Desa Talang Lindung; Desa Kluru; dan Desa Jujun.

Tim BTKLPP Batam didampingi oleh Dinkes Provinsi Jambi (1 org), Dinkes Kab.Kerinci (2 org) dan staf puskesmas (1org). Adapun rincian kegiatan pemetaan yang dilaksanakan di Kab.Kerinci ini adalah sebagai berikut:
(1) Pemetaan tempat perindukan jentik;
(2) Survei kepadatan jentik vektor malaria;dan
(3) Penangkapan nyamuk dewasa malam hari.

Sedangkan untuk hasil pelaksanaan sementara kegiatan dapat dilaporkan sebagai berikut:
(a) Dari 3 desa yg disurvei, 2 desa merupakan daerah berisiko terjadinya penularan malaria, dengan kepadatan jentik vektor malaria diatas 1%; dan
(b) Jenis habitat perindukan positif vektor anopeles, berupa kubangan-kubangan dan bekas pijakan ternak yang ada disawah.

Petugas BTKLPP Batam Sedang Melakukan Pengecekan diLapangan pada malam hari

Adapun rekomendasi dan rencana tindak lanjut yang dapat agar dapat segera dilaksanakan oleh Dinkes Kab.Kerinci dan instansi terkait lainnya adalah sebagai berikut:
(1) Melakukan intervensi pengelolaan lingkungan untuk mengendalikan vektor ditempat perindukan dengan mengatur pola tanam padi dan menimbun genangan-genangan yg ada.
(2) Melakukan kegiatan surveilan migrasi malaria untuk mencegah pendatang yang masuk membawa parasit malaria.

Demikian pelaksanaan kegiatan pemetaan luas wilayah reseptifitas malaria di Kab.Kerinci sehingga dapat mendukung daerah dalam menjaga stabilitas kesehatan masyarakat.(zs/bs)