(0778) 8075096 itcarebtklbatam@gmail.com

Kerinci adalah salah satu kabupaten yang menjadi wilayah layanan BTKLPP Batam yang berada di Provinsi Jambi. Memakan waktu 10 s.d 12 jam dari ibukota provinsi dan merupakan kabupaten dengan cuaca yang cukup sejuk seperti Bogor atau Malang.

Kepala BTKLPP Batam (Slamet Mulsiswanto) berkesempatan mengikuti kegiatan ini yang dilaksanakan pada tanggal 18 s.d 20 April 2018 dan merupakan kunjungan pertama ke Kab.Kerinci yang didampingi Kepala SE (Rencana, S.Si., M.Kes) dan Kepala Seksi ADKL (Zulhirdan Siregar).

Koordinasi jejaring kerja kegiatan ini langsung diterima oleh Kadinkes Kab. Kerinci H. Hamsal Rabbit di kantor Dinkes Kab. Kerinci bersama Kabid P2P (Jasman), Kabid Kesmas (Asnawi) dan pemegang program/kegiatan.

Kehadiran BTKLPP Batam disambut antusias. Kadinkes Kab.Kerinci (H.Hamsal Rabbit) menyampaikan beberapa hal permasalahan dibidang kesehatan mulai dari SDM kesehatan hingga situasi kesehatan masyarakat. Dan Kepala BTKLPP Batam menyampaikan kemampuan SDM,manajemen, teknis & laboratorium dalam to detect, to prevent, to respon kejadian penyakit, surveilans penyakit dan faktor risiko penyakit.

Dalam pertemuan koordinasi jejaring tersebut dihasilkan beberapa hal a.l :

  1. BTKLPP Batam siap melakukan peningkatan skill tenaga laboratorium kesehatan di 21 puskesmas yang ada untuk kemampuan mikroskopis dan teknis (TB, DHF, Malaria, Kusta & Cold Chain);
  2. Berdasarkan penyampaian Kadinkes dengan tingginya ISPA dan penggunaan pestisida untuk pertanian, maka BTKLPP Batam berupaya mengalokasikan kegiatan cholinesterase di Kab.Kerinci;
  3. Adanya 1 kasus TB-MDR mati di Kab.Kerinci, BTKLPP berupaya akan memberikan dukungan SDM, teknis, yg menggunakan peralatan TCM dalam kegiatan eliminasi tuberkulosis tersebut . Dampak penyebaran kasus TB-MDR diprediksi 1 : 10 s.d 15 orang per tahun;
  4. Tingginya vektor malaria (jentik & nyamuk) di wilayah Kab.Kerinci berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan pemetaan luas wilayah reseptifitas daerah malaria,diharapkan Dinkes Kab.Kerinci dapat melakukan intervensi; dan
  5. Kegiatan pemetaan luas wilayah reseptifitas daerah malaria adalah wilayah kerja Puskesmas Jujun (Desa Talang Lindung, Desa Kluru & Desa Jujun).

Dalam koordinasi jejaring ini diharapkan dapat menjaga kondisi kesehatan masyarakat tetap baik dan tidak terjadinya permasalahan kesehatan di Kab. Kerinci.(sm)